Jelang Operasi Ketupat 2023, Jasa Raharja, Kemenhub, KemenPUPR, dan Korlantas Polri Survei Jalur Tol Jakarta-Surabaya

InShot 20230226 142037185

Ambon,Bedahnusantara.com – Dalam rangka memastikan kesiapan Operasi Ketupat 2023, Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei jalur tol Jakarta-Surabaya pada Kamis-Jumat (23-24/02/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Santyabudi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari, DirGakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, KabagOps Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kadiv Asuransi Jahja Joel Lami, serta pejabat dari Direktorat Jalan Bebas Hambatan (JBH) KemenPUPR.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, mengatakan, survei jalur tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Jasa Raharja bersama seluruh pihak terkait, untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran.

“Pengecekan jalur ini setiap tahun kita lakukan sejak jauh hari. Dari kegiatan ini, kami akan melakukan pemetaan guna meminimalisir kendala yang mungkin terjadi saat pelaksanaan mudik Lebaran nanti,” ujar Rivan, di sela kegiatan itu.

Rombongan yang berangkat dari Gedung NTMC Korlantas Polri, mengawali tinjauan ke KM 29, KM 57, dan KM 217 Tol Jakarta-Cikampek, serta Pos Lantas Cikopo, sekaligus mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Jabar, Jasa Marga, PT LMS Cipali, sebelum dilanjutkan menuju Pos Kalikangkung. Di hari kedua, kegiatan kembali dilanjutkan menuju Rest Area 575 A wilayah Ngawi, hingga Pos Lantas Cito, di Surabaya.

Sebelumnya, kata Rivan, kegiatan serupa juga telah dilakukan ke sejumlah wilayah, seperti jalur pantai utara (pantura) dan pantai selatan (pansela). Dari peninjauan itu, jalur mudik yang akan dilintasi pada Lebaran mendatang, sudah memadai dan siap digunakan.

“Lebaran tahun ini mobilitas masyarakat diprediksi akan meningkat dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya. Oleh karena itu, segala persiapan perlu dilakukan dengan matang untuk memastikan momen mudik tahun ini lebih aman, nyaman, dan berkeselamatan,” tambah Rivan.

Guna meminimalisasi korban kecelakaan lalu lintas di momen Lebaran tahun ini, Rivan mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan berbagai pihak, salah satunya mudik gratis bersama BUMN.

Rivan berharap, dengan berbagai sosialisasi serta persiapan yang dilakukan secara matang oleh semua pemangku kepentingan, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan aman dan kondusif. “Dan yang terpenting, bagaimana dalam momen mudik Lebaran tahun ini kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir,” ungkap Rivan. ( BN -03)

banner 300600

Pos terkait

Tinggalkan Balasan